Bahaya Sanrego Kapsul Bubuk , Bukan Ekstrak



Hati-hati bila membeli sanrego kapsul, banyak sanrego kapsul yang beredar tidak memenuhi standar kesehatan, kenapa demikian???
Karena proses pembuatan serbuk sanrego tidak melalui proses ekstrak melainkan hanya proses penggilingan/penghalusan biasa. Akibatnya serbuk sanrego tersebut tidak larut dalam air. 
Sanrego terbuat dari kayu/serat tersebut bila dikonsumsi dalam bentuk tepung (bukan ekstrak) maka lama kelamaan akan merusak ginjal, pencernaan dan hati.

Pengalaman dari kasus yang pernah terjadi di makassar (salah seorang apoteker  sanrego makasar yang kini telah dicabut izin apotekernya)  membuat kapsul sanrego hasil penggilingan biasa (dalam bentuk tepung). Konsumen yang telah meminumsanrego kapsul dalam jangka waktu lama mengalami pembengkakan perut. Setelah diperiksa di rumah sakit ternyata orang tersebut mengalami pembengkakan usus pencernaan dan lambung. Dan setelah diteliliti ternyata pembengkakan tersebut akibat meminum kapsul sanrego dalam bentuk kapsul  (bukan ekstrak). (ini adalah kisah nyata!!!!)


Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa: 
Dilarang keras mengkonsumsi kapsul sanrego yang dibuat dari proses penggilingan biasa (bukan proses ekstak). 


CARA MENGETAHUI KAPSUL SANREGO EKSTRAK ATAU BUKAN

Buka Cangkang kapsul, lalu bubuknya dicampurkan kedalam air. Amati apakah serbuk tersebut larut dalam air atau tidak. Bila larut dalam air maka sanrego tersebut aman dikonsumsi, bila serbuk tersebut tidak larut dalam air maka dapat dipastikan bahwa kapsul tersebut tidak aman dikonsumsi karena hasil penggilangan biasa.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.